ops

Contoh PTK SD Kelas 2 Terbaru Lengkap

Tuntutan profesi guru yang semakin menantang dewasa ini menuntut para guru untuk selalu melakukan peningkatan terhadap profesionalitasnya. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan membuat PTK. Secara substansi, penelitian tindakan kelas diharapkan akan memperbaiki kinerja guru karena PTK berfungsi sebagai alat evaluasi guru dalam melakukan proses pembelajaran.

Salah satu topik yang sering dibahas dalam PTK adalah mengenai efektivitas model pembelajaran, meskipun tidak harus selalu topik tersebut yang dijadikan kajian dalam penelitian.

Berikut adalah contoh PTK Kelas 6 SD lengkap. Artinya, berkas yang terdownload berisi contoh PTK dari awal sampai dengan akhir. Pastikan sebelum mengunduh, Anda sudah harus mempunyai aplikasi atau perangkat lunak pembaca berkas pdf. Jika belum terpasang di komputer atau gadget Anda, silahkan diunduh terlebih dahulu.

PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 SD NEGERI DI SEKOLAH BINAAN 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Abstraksi - Pemberian reward dan punishment berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas / PTK ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas / PTK ini memiliki dasar pendapat dari beberapa ahli bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas / PTK ini dilaksanakan pada Kelas 6 SD Negeri di Sekolah Binaan 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes karena pelaksanaan pemberian reward dan punishment pada Kelas 6 tergolong baik. Populasi dalam penelitian tindakan kelas / PTK ini berjumlah 192 siswa dengan sampel sebesar 130 siswa. Variabel-variabel dalam penelitian tindakan kelas / PTK ini yaitu variabel pemberian reward dan punishment serta variabel motivasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas / PTK ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas / PTK survei deskriptif. Instrumen penelitian tindakan kelas / PTK yang digunakan adalah angket serta lembar pengamatan dan wawancara tak terstruktur. Uji prasyarat yang dilakukan terdiri dari uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis dalam penelitian tindakan kelas / PTK ini menggunakan analisis korelasi, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi, dan uji signifikansi. Semua uji prasyarat telah memenuhi kriteria untuk melanjutkan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa pemberian reward dan punishment memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh tersebut yaitu sebesar 40% yang diperoleh melalui analisis koefisiensi determinasi. Sedangkan, 60% yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berasal dari faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian tindakan kelas / PTK ini. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas / PTK, disarankan pemberian reward dan punishment diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran seharihari dengan memperhatikan pedoman penerapan reward dan punishment


ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PKn KELAS 6 SDNEGERI DABIN 1 KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Abstraksi - Berdasarkan wawancara dengan penyusun soal UAS gasal mata pelajaran PKn, diperoleh informasi bahwa soal UAS tersebut, telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal secara logis rasional. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas / PTK ini yaitu “Bagaimana kualitas butir soal pilihan ganda dan pelaksanaan UAS gasal mata pelajaran PKn Kelas 6 SD Negeri Dabin 1?”. Tujuan penelitian tindakan kelas / PTK ini yaitu mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda dan pelaksanaan tes UAS gasal mata pelajaran PKn Kelas 6 SD Negeri Dabin 1 Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas tahun ajaran .... Penelitian tindakan kelas / PTK ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas / PTK deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 156 eksemplar. Sumber data dalam penelitian tindakan kelas / PTK yaitu penyusun soal, guru Kelas 6 SD Negeri Dabin 1, Kepala UPK Sumpiuh, dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis butir soal pilihan ganda menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, dan pencocokkan jenjang ranah kognitif. Analisis kuantitatif menggunakan bantuan program Anates V4. Hasil penelitian tindakan kelas / PTK ini menunjukkan bahwa, soal pilihan ganda yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Ditinjau dari distribusi jenjang ranah kognitifnya, terdapat 21 (60%) soal berkategori mengingat, 12 (34%) soal berkategori memahami, dan 2 (6%) soal berkategori menerapkan. Ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 9 (26%) soal berkategori sangat signifikan, 13 (37%) soal berkategori signifikan, dan 13 (37%) soal berkategori tidak signifikan. DOWNLOAD FORMAT PDF

PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA “ONE GOAL MORE GOALS” DALAM PENJASORKES SISWA KELAS 5 DAN 6 SD YAYASAN PENDIDIKAN KRISTEN WAAN KABUPATEN MERAUKE PAPUA