Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018 Terbaru Super Lengkap
Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018 - Mulai tahun 2018 ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) akan menggunakan instrumen dan perangkat akreditasi yang berbeda dari tahun sebelumnya, sehingga berbagai media pada dasarnya telah membagikan materi tersebut. Namun bagi jenjang SD/MI telah diterbitkan sebuah Permendikbud Nomor: 002/H/AK/2017, SMP/MTS Permendikbud Nomor: 003/H/AK/2017, dan jenjang SMA/MA menerapkan Permendikbud Nomor: 004/H/AK/2017, tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah dan Madrasah untuk Tahun pelajaran 2017-2018, hal ini lagi-lagi dibilang baru padahal produk lama.
Kegiatan akreditasi Sekolah/Madrasah, menurut Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 adalah kegiatan penilaian guna penjaminan mutu pendidikan terhadap kelayakan program dan satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Sedangkan pelaksanaannya dibawah kewenangan Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah. Untuk itulah kemudian disusun Kriteria dan Perangkat Akreditasi.
Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018 Terbaru Super Lengkap |
Hal ini juga tertuang pada “KATA PENGANTAR” dengan uraian sebagai berikut:
KATA PENGANTAR
Sesuai dengan moto profesional, tepercaya, dan terbuka serta tagline “akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu”, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan, sistem, dan akreditasi sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan. BAN-S/M senantiasa melakukan evaluasi dan inovasi untuk memenuhi empat gatra akreditasi yang bermutu yaitu perangkat, asesor, manajemen, dan hasil-hasil yang bermutu. Sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan, BAN-S/M berusaha menjadikan dirinya sebagai lembaga pelayanan publik yang menyediakan informasi dan data akreditasi yang tersedia lengkap (available), mudah diperoleh (accessible), dan bermanfaat (beneficial).
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 002/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI, Nomor 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/MTs, Nomor 004/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA dan Nomor 005/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMK mulai tahun 2017 BAN-S/M akan memberlakukan Perangkat Akreditasi 2017 untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Perangkat Akreditasi 2017 merupakan perubahan atas Perangkat Akreditasi SD/MI (Permendiknas nomor 11/2009), SMP/MTs (Permendiknas Nomor 12/2009), SMA/MA (Permendiknas Nomor 52/2008), dan SMK (Permendiknas Nomor 13/2009). Perubahan tersebut diberlakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, adanya Standar Nasional Pendidikan yang baru, terutama terkait dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 dan penguatan pendidikan karakter. Kedua, kesalahan dan ketidaksesuaian Perangkat dengan keadaan dan praktik penyelenggaraan pendidikan. Ketiga, memperkuat Perangkat dan Sistem Akreditasi sebagai alat utama untuk penilaian mutu, pemetaan, dan penyusunan kebijakan pendidikan oleh masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat.
Perangkat Akreditasi 2017 merupakan satu kesatuan yang terdiri atas instrumen, petunjuk teknis, data pendukung, dan sistem penskoran. Proses penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2017 membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di provinsi, expert judgement, validasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan diskusi dengan Balitbang Kemendikbud serta pihak-pihak terkait lainnya. Perangkat Akreditasi 2017 berbeda dengan Perangkat Akreditasi sebelumnya. Pertama, dari sisi rujukan. Perangkat Akreditasi 2017 mengacu kepada Undangundang Sistem Pendidikan Nasional 20/2003, Peraturan Pemerintah yang terkait dengan pendidikan, Standar Nasional Pendidikan (SNP), Peraturan dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta peraturan kependidikan lain yang terkait. Kedua, dari sisi jumlah butir dan metode penyajian. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki jumlah butir pernyataan yang lebih relevan dan koheren. Masingmasing pernyataan disertai dengan petunjuk teknis, data pendukung dan bobot butir yang jelas sehingga memudahkan sekolah/madrasah, asesor dan pengguna. Selain itu dapat dikurangi semaksimal mungkin perbedaan pemahaman dan penilaian antara sekolah/madrasah dengan asesor untuk menjamin objektivitas hasil penilaian. Ketiga, pemeringkatan dan hasil akreditasi. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki skor pemeringkatan yang lebih tinggi, dan hasil Akreditasi yang meliputi nilai, peringkat, dan predikat. Pada Perangkat Akreditasi sebelumnya hasil akreditasi hanya menyebutkan nilai dan peringkat. Keempat, teknik pengolahan data dengan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SisPenA SM) berbasis web responsive yang dapat juga diakses dari berbagai perangkat mobile (smartphone, tab, dll.) untuk mempercepat dan mempermudah penyajian hasil Akreditasi.
Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota BAN-S/M, tim ahli, secretariat, dan semua pihak yang telah bekerja keras dan membantu penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2017. Kami mengharapkan saran, kritik, dan masukan yang konstruktif untuk menyempurnakan Perangkat Akreditasi 2017 ini sehingga lebih bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sumberdaya manusia menuju Indonesia yang Berkemajuan.
Sedangkan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi tahun 2018 terurai sebagai berikut:
1. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI
No | Komponen Akreditasi | Nomor Butir | Jumlah Butir | Bobot Komponen |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1. | Standar Isi | 1 – 10 | 10 | 14 |
2. | Standar Proses | 11 – 31 | 21 | 14 |
3. | Standar Kompetensi Lulusan | 32 – 38 | 7 | 14 |
4. | Standar Pendidik dan Tendik | 39 – 54 | 16 | 16 |
5. | Standar Sarana dan Prasarana | 55 – 75 | 21 | 12 |
6. | Standar Pengelolaan | 76 – 90 | 15 | 10 |
7. | Standar Pembiayaan | 91 – 106 | 16 | 10 |
8. | Standar Penilaian Pendidikan | 107 – 119 | 13 | 10 |
Jumlah | 119 | 100 |
2. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMP/MTs
No | Komponen Akreditasi | Nomor Butir | Jumlah Butir | Bobot Komponen |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1. | Standar Isi | 1 – 9 | 9 | 14 |
2. | Standar Proses | 10 – 30 | 21 | 14 |
3. | Standar Kompetensi Lulusan | 31 – 37 | 7 | 14 |
4. | Standar Pendidik dan Tendik | 38 – 56 | 19 | 15 |
5. | Standar Sarana dan Prasarana | 57 – 80 | 24 | 13 |
6. | Standar Pengelolaan | 81 – 95 | 15 | 10 |
7. | Standar Pembiayaan | 96 – 111 | 16 | 10 |
8. | Standar Penilaian Pendidikan | 112 – 124 | 13 | 10 |
Jumlah | 124 | 100 |
3. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMA/MA
No | Komponen Akreditasi | Nomor Butir | Jumlah Butir | Bobot Komponen |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1. | Standar Isi | 1 – 9 | 9 | 12 |
2. | Standar Proses | 10 – 30 | 21 | 14 |
3. | Standar Kompetensi Lulusan | 31 – 37 | 7 | 15 |
4. | Standar Pendidik dan Tendik | 38 – 56 | 19 | 15 |
5. | Standar Sarana dan Prasarana | 57 – 84 | 28 | 14 |
6. | Standar Pengelolaan | 85 – 100 | 16 | 10 |
7. | Standar Pembiayaan | 101 – 116 | 16 | 10 |
8. | Standar Penilaian Pendidikan | 117 – 129 | 13 | 10 |
Jumlah | 129 | 100 |
4. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMK
No | Komponen Akreditasi | Nomor Butir | Jumlah Butir | Bobot Komponen |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1. | Standar Isi | 1 – 9 | 9 | 11 |
2. | Standar Proses | 10 – 30 | 21 | 12 |
3. | Standar Kompetensi Lulusan | 31 – 37 | 7 | 15 |
4. | Standar Pendidik dan Tendik | 38 – 59 | 22 | 16 |
5. | Standar Sarana dan Prasarana | 60 – 87 | 28 | 17 |
6. | Standar Pengelolaan | 88 – 102 | 15 | 10 |
7. | Standar Pembiayaan | 103 – 120 | 18 | 10 |
8. | Standar Penilaian Pendidikan | 121 – 133 | 13 | 10 |
Jumlah | 129 | 100 |
Untuk file selengkapnya dapat didownload di bawah ini:
- 1. Draf POS AKreditasi Tahun 2018.pdf
- 2. Perangkat Akreditasi SD-MI.pdf
- 3. Perangkat Akreditasi SMP-MTs.pdf
- 4. Perangkat Akreditasi SMA-MA.pdf
- 5. Perangkat Akreditasi SMK.pdf
- 6. Surat Edaran Panduan Khusus Akreditasi.pdf
- 7. Pedoman 1 Akreditasi Sekolah Madrasah.pdf
- 8. Pedoman 2 Akreditasi Sekolah Madrasah.pdf
Download berbagai kelengkapan dalam kegiatan akreditasi tahun 2018 dan file Perangkat Akreditasi Terlengkap dan Terbaru ini merupakan semua dokumen yang diperlukan pada saat akreditasi sekolah/Madrasah.
Baca juga: Contoh RPP PJOK SD Kurikulum 2013
Demikianlah materi yang dapat kami bagikan tentang Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018 dengan harapan dapat dipergunakan dalam pelaksanaan akreditasi di masing-masing jenjang sekolah.
File bersumber dari: http://bansm.or.id