ops

RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9 Kurikulum 2013

RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9  Kurikulum 2013

RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9  Kurikulum 2013 - Secara garis besar bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah kegiatan penyusunan sebuah rencana pembelajaran yang dikerjakan sebelum melaksanakan proses belajar mengajar (dalam dunia pendidikan).

Namun sebelum kami membagikan materi yang berhubungan dengan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Gerakan Literasi Sekolah yang sering disingkat GLS, terlebih dahulu kami paparkan Panduan Gerakan Literasi Sekolah SD sebagai berikut.

Gerakan Literasi Sekolah yang digagas dan dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan kepedulian atas rendahnya kompetensi peserta didik Indonesia dalam bidang matematika, sains, dan membaca. Data penelitian dalam Progress International Reading Literacy Study (PIRLS) tahun 2011 menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam memahami bacaan berada di bawah rata-rata internasional. Melalui penguatan kompetensi literasi, terutama literasi dasar, peserta didik diharapkan dapat memanfaatkan akses lebih luas pada pengetahuan agar rendahnya peringkat kompetensi tersebut dapat diperbaiki.
RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4
RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9  Kurikulum 2013 
Kompetensi literasi dasar (menyimak-berbicara, membaca-menulis, berhitung-memperhitungkan, dan mengamati-menggambar) sudah selayaknya ditanamkan sejak pendidikan dasar, lalu dilanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan untuk mengakses informasi dan pengetahuan. Selain itu, peserta didik mampu membedakan informasi yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Hal itu karena literasi mengarahkan seseorang pada kemampuan memahami pesan yang diwujudkan dalam berbagai bentuk teks (lisan, tulis, visual).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, salah satunya, mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama lima belas menit sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan tersebut adalah upaya menumbuhkan kecintaan membaca kepada peserta didik dan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus merangsang imajinasi. Sebagai salah satu desain induk penumbuhan budi pekerti, Gerakan Literasi Sekolah perlu melibatkan para pemangku kepentingan secara terprogram dengan satu tujuan agar peserta didik, terutama di tingkat pendidikan dasar, menjadi insan berbudaya literasi. Untuk itu, perlu diterbitkan buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.

Panduan ini merupakan rujukan bagi pemangku kepentingan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan literasi yang terintegrasi dan efektif.

Adapun beberapa penjelasan tentang gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah:

Pengertian Literasi

Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah
GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Tujuan

1. Tujuan Umum
Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

2. Tujuan Khusus
  • Menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah.
  • Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat.
  • Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
  • Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Ruang Lingkup
  1. Lingkungan fisik sekolah (fasilitas dan sarana prasarana literasi).
  2. Lingkungan sosial dan afektif (dukungan dan partisipasi aktif seluruh warga sekolah).
  3. Lingkungan akademik (program literasi yang menumbuhkan minat baca dan menunjang kegiatan pembelajaran di SD).

Sasaran
Sasaran Panduan GLS adalah pendidik, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di SD.

Target Pencapaian Pelaksanaan GLS di SD
GLS di SD menciptakan ekosistem pendidikan di SD yang literat. Ekosistem pendidikan yang literat adalah lingkungan yang:
  1. menyenangkan dan ramah peserta didik, sehingga menumbuhkan semangat warganya dalam belajar;
  2. semua warganya menunjukkan empati, peduli, dan menghargai sesama;
  3. menumbuhkan semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan;
  4. memampukan warganya cakap berkomunikasi dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sosialnya; dan
  5. mengakomodasi partisipasi seluruh warga sekolah dan lingkungan eksternal SD.

Untuk melengkapi penjelasan di atas, maka pada pembelajaran Kurikulum 2013 khususnya pada SD telah diterapkan dan masuk pada Subtema di masing-masing tema pada Buku Pegangan Guru dan Siswa. Akhirnya pada kesempatan kali ini juga kami bagikan materi RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SD kelas 4 Semester 2 yang langsung dapat didownload pada menu berikut ini:
Demikian dan semoga materi RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9  Kurikulum 2013 dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan dan kebetulan bertepatan pula berkunjung di blog kami ini.
Baca juga: RPP Gerakan Literasi Sekolaj (GLS) Lainnya
bagi rekan yang belum memiliki file tersebut di atas silahkan dibagikan atau bagikan ulang pada dunia internet saat ini.