ops

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru

Berikut adalah salah satu contoh RPP Literasi Kelas 4 Tema 8 pada pertemuan ke 1, dan perlu dimengerti file yang kami bagikan di akhir pos ini adalah merupakan 1 file yang berisikan 1 tema dan terdiri sejumlah pertemuan pada tema 8 tersebut, sehingga 1 file 1 tema.
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
: SD/MI
Kelas / Semester
: 4 (Empat) / 2 (Dua)
Tema
: 8. Daerah Tempat Tinggalku
Sub Tema
: 4. Kegiatan Pembiasaan Literasi
Pembelajaran Ke
: 1 (Satu)
Alokasi waktu
: 1 Hari

A.     MATERI
  • Berbicara, membaca dan menulis.

B.     KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

C.      KOMPETENSI YANG DINILAI

No
Kompetensi
Keterangan
1
Pengetahuan 
Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
2
Keterampilan
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis.
3
Sikap
Kemandirian dan percaya diri

D.     DISKRIPSI KEGIATAN
Sekolah harus menjalankan program dengan konsisten agar kemampuan literasi siswa dapat berkembang dengan baik. Guru akan membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman, dan menulis.

E.      TUJUAN
  1. Dengan kegiatan membaca cerita, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam teks bacaan.
  2. Dengan kegiatan membaca dan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.

F.      Media/ Alat Bantu Belajar
Teks literasi berjudul Masohi, Selalu Ingin Kembali.
G.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
Strategi
Teknik
Metode
:  Scientific
:  Cooperative Learning
:  Example Non Example
:  Membaca, menulis, diskusi dan presentasi

H.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.     Guru memberikan salam
2.  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·      Apa yang tergambar pada sampul buku.
·      Apa judul buku
·      Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·      Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
7.  Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8.  Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
9.   Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
a.      Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda. 

b.     Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
c.      Kegiatan Menulis (30 menit)
  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

d.     Bentuk Kegiatan Kelas
  1. Pada Kegiatan Berbasis Literasi: siswa diminta untuk membaca cerita berjudul Masohi, Selalu Ingin Kembali.
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8
Alternatif Kegiatan Membaca:
·       Alternatif 1:
Siswa diminta membaca dalam hati (senyap). Guru memberikan waktu selama 5-10 menit kepada siswa untuk membaca dan memahami isi bacaan.
·      Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan secara nyaring di depan kelas. Siswa diminta untuk memperhatikan artikulasi saat membaca. Siswa lain diminta untuk menyimak.
·      Alternatif 3:
Guru meminta beberapa siswa untuk membaca bacaan tersebut dibaca.

  1. Kemudian, guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan cerita yang telah ia baca.
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8
150 menit
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Salam dan do’a penutup.

15 menit

I.       SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 semester 2 dari JGC revsi 2017
  3. Teks dari “Aku Cinta Membaca”

J.     PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.
a)     Penilaian uji unjuk kerja menyajikan kegiatan pembiasaan Literasi:
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8

Penilaian Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                 :………..
3. Momen Spesial     :………….

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru


Mengetahui
Kepala Sekolah,




........................................
NIP. ..........................................
................, ..................... 2018
Guru Kelas IV,




........................................
NIP. ..........................................

Apabila ternyata ada pengunjung yang ketinggalan kereta, ech salah belum ketemu yang sebelumnya silahkan kunjungi link berikut:


Download Link:   RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 8.docx
Semoga materi RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru ini dapat dipergunakan melengkapi administrasi pembelajaran khususnya guru kelas 4 dan umumnya pada jenjang Sekolah Dasar. Mohon maaf untuk kelas yang lain sabar ya ?? masih proses.