RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru
Dalam rangka menumbuhkan budi pekerti siswa, pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat.
Praktik pendidikan perlu menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Sebaga bahan pendukung Gerakan Literasi Sekolag (GLS), maka diperlukan sebuah rencana yang mendasar yang dilakukan oleh pendidik sebagai bukti awal pelaksanaan gerakan tersebut dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus gerakan Literasi sekolah.
Berikut ini adalah salah satu contoh materi yang kami bagikan pada akhir contoh, dan merupakan materi yang terdapat pada tema 6 kelas 4 pada pelaksanaan pembelajaran semester 2, serta perlu diketahui bahwa materi yang kami bagikan merupakan 1 (satu) file dalam 1 (satu) tema apabila di hitung secara keseluruhan materi ini nantinya terdiri dari 136 halaman. Simak sebagian materi tersebut di bawah ini!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan | : | SD N Indonesia |
Kelas / Semester | : | 4 (Empat) 2 (Dua) |
Tema | : | 6. Cita - Citaku |
Sub Tema | : | 4. Kegiatan Pembiasaan Literasi |
Pembelajaran ke | : | 1 (Satu) |
Alokasi waktu | : | 1 Hari |
A. MATERI
- Berbicara, membaca dan menulis.
B. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
C. KOMPETENSI YANG DINILAI
No | Kompetensi | Keterangan |
1 | Pengetahuan | 1. Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual |
2 | Keterampilan | 1. Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis. |
3 | Sikap | 1. Kemandirian dan percaya diri |
D. DISKRIPSI KEGIATAN
Sekolah harus menjalankan program dengan konsisten agar kemampuan literasi siswa dapat berkembang dengan baik. Guru akan membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman, dan menulis.
E. TUJUAN
- Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
- Pengetahuan siswa meningkat.
- Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Membaca, menulis, diskusi dan presentasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | |
Pembukaan | 1. Guru memberikan salam 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK). 3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita. 4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. 5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
6. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. 7. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan. 8.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. 9. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. | 10 menit | |
Inti | a. Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
b. Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
c. Kegiatan Menulis (30 menit)
d. Bentuk Kegiatan Kelas
| 150 menit | |
Penutup |
| 15 menit |
H. SUMBER DAN MEDIA
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 semester 2 dari JGC revsi 2017
Teks dari “Aku Cinta Membaca”
I. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.
a) Penilaian uji unjuk kerja menyajikan kegiatan pembiasaan Literasi:
No | Aspek | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Pengetahuan | Sangat Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual | Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual | Cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual | Tidak cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual |
4 | Keterampilan | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis Sangat bagus | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis bagus | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis Cukup | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis kurang |
3 | Sikap | Keseluruhan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri | Sebagian besar kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri | Setengah kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri | Sebagaian kecil kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri |
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : (Total nilai/12)x10
Contoh :
= (( 3+4+4)/12)X10
= (11/12)X10
= 9,2
Penilaian Catatan Guru
1. Masalah 2. Ide Baru 3. Momen Spesial | : ........................................ : ........................................ : ........................................ |
Mengetahui Kepala Sekolah, ...................................... NIP. ............................................ | ...................., ......................... 2018 Guru Kelas IV, .............................................. NIP. ........................................... |
Download materi lengkap: RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 6.docMateri terkait lainnya:
- Kisi-Kisi Soal Penilaian K2013 PJOK SD Kelas 1 Hingga 6 Semester 2 Edisi Revisi 2017
- Silabus K2013 PJOK Kelas 1 Hingga 6 SD Semester 2 Edisi Revisi 2017
- RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Tentang Volume Bangun Ruang Semester 2
- Perangkat Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018
- Prota Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Semoga materi RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru ini sangat bermanfaat. Jangan lupa bagikan kembali kepada rekan-rekan yang membutuhkan, dan apabila bermaksud untuk membagikan pada media sosial lainnya mohon dengan sangat untuk mencantumkankan sumber utama dari blog ini " HUKUMNYA WAJIB"