ops

RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru


Di bawah ini adalah salah satu contoh RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 yang telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasan dan Menengah.

RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013
RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013
   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA

Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Pelajaran
Sub Pelajaran
Pertemuan
Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
:
SD Negeri 1
4/2
Hubungan Antar Garis
Pengertian dan Jenis Garis
1
90 menit

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.10. Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
3.10.1. Menjelaskan arti garis dan jenisnya
4.10. Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
4.10.1. Mengidentifikasi dan mengimplentasikan  berbagai jenis garis

C.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru siswa mampu memahami arti garis dan jenisnya
  2. Dengan bimbingan guru siswa mampu mengetahui implementasi dari jenis garis
D.   MATERI
  1. Pengertian dan jenis garis
E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Religius dan Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati penjelasan guru tentang pengertian garis. 
  2. Siswa mengamati penjelasan guru tentang hubungan bagian bagian garis. 

B.    Menanya
  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C.   Menalar
  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang hubungan implementasi bagian bagian garis pada sumbu koordinat. (Gotong Royong, Mandiri) 
  2. Guru membimbing dan mengarahkan siswa
  3. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan

D.   Mengkomunikasikan
Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang garsis dan contoh penggunaan di implementasi lapangan(Comunicatian)
Siswa menyampaikan manfaat belajar secara lisan di depan teman dan guru.
65 menit
Kegiatan
Penutup
Guru memberikan penguatan materi tentang bangun datar
Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa
Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, (Mandiri)
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
    15 menit


G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian.
Butir soal;
Memahami penggunaan dan makna dari jenis jenis garis !

H.   SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
  2. BSE KTSP
  3. Papan tulis
  4. Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari JGC

Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….
 Baca juga: RPP Matematika Kelas 4 Semesater 2 Kurikulum 2013 tentang Sudut
Mengetahui
Kepala Sekolah,




………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,




………………………………
NIP………………………….


 Lebih lengkap dan jelasnya silahkan download di bawah ini, sesuai pilihan kebutuhannya.


Mudah-mudahan materi ini dapat membantu bapak dan ibu guru SD khususnya yang mengajar kelas 4, sehingga administrasi akan segera terlengkapi.