ops

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi TerbaruSesuai pedoman/juknis bahwa susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 disusun berdasarkan Permendikbud Nomor : 22 Tahun 2016. Hal ini berlaku untuk semua susunan RPP, dimana dalam mata pelajaran Matematika untuk Kelas 4, Kelas 5, dan kelas 6 disajikan secara terpisah dengan pembelajaran tematik terpadu.
RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru
RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru
  
Berikut salah satu contoh RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA


Satuan Pendidikan      : ................................
Kelas / Semester        :  4 /2
Pelajaran                     : Pengolahan Data
Sub Pelajaran             :   Data
Pertemuan                  : 1
Alokasi waktu              : 90 menit


A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.11. Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

3.11.1. memahami pengertian data.
4.11. Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang 
4.11.1. Menjelaskan makna data.

C.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru siswa mampu memahami makna data
  2. Dengan bimbingan guru siswa mampu mengetahui cara mendapatkan data
  3. Dengan bimbingan guru siswa mampu membaca data

D.   MATERI
  1. Data

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Religius dan Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati penjelasan guru tentang arti data, cara mengambil data dan cara membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang

  1. Siswa mengamati cara mendapatkan data. . (Critical Thinking and Problem Solving)
B.    Menanya
  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C.   Menalar
  1. Siswa membaca dan  berdiskusi tentang data. (literasi)
  2. Siswa membaca dan  berdiskusi tentang membaca data. (literasi)
  3. Guru membimbing dan mengarahkan pada siswa.
  4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan

D.   Mencoba
  1. Guru memberikan beberapa soal kepada siswa berlatih
  2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal tersebut  

E.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya hasil diskusi dan hasil latihan yang dilakukan dikelompoknya masing-masing . (komunikasi)
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar data dan diagram yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.
   65 menit

Kegiatan
Penutup
  1. Guru memberikan penguatan materi tentang bangun datar
  2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa
  3. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, (Mandiri)
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)

    15 menit



G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
H.   SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.    BSE KTSP
3.    Papan tulis
4.    Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari  SCI Media

Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,



………………………………
NIP………………………….


Selengkapnya tentang RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru seperti di bawah ini:


Semoga materi yang kami bagikan saat ini dapat bermanfaat.
Link Download lainnya:


Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya.